BERBAGI AKSI NYATA PAKET MODUL 1
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
adalah proses fundamental dalam membentuk karakter dan kompetensi generasi
penerus bangsa. Dalam konteks ini, filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara
menjadi landasan penting. Filosofi ini menekankan bahwa pendidikan bukan sekadar
transfer ilmu pengetahuan, melainkan juga upaya pembentukan budi pekerti serta
pemerdekaan pikiran dan jiwa peserta didik. Ki Hadjar Dewantara memperkenalkan
konsep "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri
Handayani," yang menggambarkan peran pendidik dalam menjadi teladan,
penyemangat, dan pendorong bagi peserta didik untuk mandiri dan kreatif.
Sejalan dengan
filosofi ini, program Guru Penggerak hadir sebagai inisiatif untuk memperkuat
peran guru sebagai agen perubahan di sekolah dan masyarakat. Guru Penggerak
diharapkan tidak hanya mampu mengajar, tetapi juga menjadi inspirator dan
inovator yang mendorong terciptanya lingkungan belajar yang inklusif,
kolaboratif, dan berpusat pada murid. Memahami nilai dan peran ini, setiap guru
penggerak dituntut untuk memiliki visi yang kuat dalam menjalankan tugasnya,
yang berfokus pada pengembangan potensi peserta didik secara optimal.
Dalam
mewujudkan visi ini, budaya positif di lingkungan sekolah menjadi elemen kunci.
Budaya positif mencakup nilai-nilai seperti saling menghargai, kolaborasi, dan
semangat belajar yang tinggi. Dengan menciptakan budaya positif, guru penggerak
mampu menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran, di mana peserta
didik merasa dihargai, termotivasi, dan didorong untuk mencapai potensi terbaik
mereka.
Oleh karena
itu, aksi nyata ini dilandasi oleh pemahaman mendalam terhadap filosofi
pendidikan Ki Hadjar Dewantara, internalisasi nilai-nilai Guru Penggerak,
pembuatan visi yang jelas, serta implementasi budaya positif sebagai langkah strategis
untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan bermakna.
B.
TUJUAN
Adapun Tujuan dari melakukan aksi
nyata dari setiap modul adalah sebagai berikut:
·
Memperdalam Pemahaman Filosofi Pendidikan Ki
Hadjar Dewantara
Aksi nyata ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman
terhadap filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara, terutama konsep "Ing
Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani." Melalui
pemahaman ini, diharapkan dapat terbentuk kesadaran akan pentingnya peran guru
sebagai pendidik yang memerdekakan peserta didik secara intelektual dan moral.
·
Menginternalisasi Nilai dan Peran Guru
Penggerak
Tujuan selanjutnya adalah menginternalisasi
nilai-nilai dan peran Guru Penggerak sebagai agen perubahan di lingkungan
pendidikan. Guru diharapkan mampu mengembangkan kompetensi kepemimpinan,
inovasi, dan kolaborasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang berpusat pada
murid dan berorientasi pada pengembangan karakter.
·
Merumuskan Visi Guru Penggerak yang
Berorientasi pada Murid
Aksi nyata ini juga bertujuan untuk membantu guru
dalam merumuskan visi yang kuat dan berorientasi pada pengembangan potensi
peserta didik secara holistik. Visi ini akan menjadi pedoman dalam mengarahkan
tindakan dan keputusan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang
berkualitas dan bermakna.
·
Membangun dan Mengimplementasikan Budaya
Positif di Sekolah
Tujuan akhir dari aksi ini adalah membangun dan
mengimplementasikan budaya positif di lingkungan sekolah. Dengan menciptakan
budaya yang menghargai, mendukung, dan memotivasi, diharapkan tercipta
lingkungan belajar yang kondusif, di mana peserta didik dapat berkembang secara
optimal baik dari segi akademik maupun karakter.
C.
DESKRIPSI KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN
A.
MODUL 1.1 REFLEKSI FILOSOFIS PENDIDIKAN
NASIONAL KI HADJAR DEWANTARA
Kegiatan yang sudah saya lakukan pada modul
1.1 adalah sebagai berikut;
3. Penerapan kebiasaan praktik baik yang selalu dilaksanakan pada saat pembelajaran.
B. MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU
PENGGERAK
Pengembangan diri yang sederhana,
konkret dan rutin yang sudah saya lakukan pada modul 1.2 adalah sebagai
berikut;
2. Berkolaborasi dengan pihak lain untuk mendukung terciptanya proses pembelajaran yang berkualitas.
3. Inovatif dalam mencari Ide dan Gagasan baru untuk menciptakan suasana dan pembelajaran yang menyenangkan.
4. Menerapkan pembelajaran yang berpihak Kepada Murid untuk berkreasi sesuai dengan kodrat alamnya.
5. Melakukan Refleksi Pembelajaran Untuk Bahan Perbaikan Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berikutnya .
C. MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK
Kegiatan yang saya lakukan dalam melaksanakan Visi Guru Penggerak adalah sebagai berikut;
D. MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
Berikut adalah kegiatan yang telah saya
lakukan dalam Budaya Positif;
Dalam melaksanakan Aksi Nyata pada modul Budaya Positif ini saya membuat kesepakatan dan keyakinan kelas bersama dengan peserta didik. Kemudian menerapkan Segitiga Restitusi dalam menyelesaikan kasus yang dihadapi dengan peserta didik mengenai pelanggaran keyakinan yang telah disepakati bersama. Setelah itu, saya mendiseminasikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkan budaya positif kepada rekan sejawat.
PENERAPAN SEGITIGA RESTITUSI
Komentar
Posting Komentar